Catat keuangan keluarga anda

Masih soal tips mengatur keuangan keluarga, ternyata g cuma selesai dalam teori dan sikap. Kita perlu untuk menuliskannya sehingga ada evaluasi dan perbaikan ke depannya. Kenapa ? karena karakteristik keuangan tiap keluarga akan berbeda tiap bulannya dan cenderung berulang dan setiap tahunnya pasti ada perubahan seiring naiknya tingkat pendapatan maupun pertumbuhan kebutuhan kita.

Dengan adanya catatan kita bisa melihat trend naik turunnya pemasukan maupun pengeluaran, evaluasi dan kontrol, dan membantu kita untuk mengambil keputusan yang berkaitan dengan keuangan.

Pencatatan ini bisa hanya berupa buku yang kita tulis jumlah pemasukan & pengeluaran, excel sheet - contoh yang saya buat bisa didownload di BOX, atau software keuangan yang dijual seperti MyFamily Accounting

Apapun medianya sesuai kan dengan kebutuhan anda. Klo memang cukup dengan buku catatan kenapa harus ribet menggunakan komputer. Klo sekiranya ada komputer dengan menggunakan excel rasanya sudah cukup untuk meresume dari catatan harian sehingga bisa dibuat resume yang rapih dan visual seperti grafik. Klo memang keuangan keluarga kita lebih komplek bisa juga membeli software yang sudah jadi seperti MyFamily Accounting. Harganya pun murah, mulai 90 ribu. Menunya lumayan bagus, selain mencatat detail keuangan keluarga, software ini dilengkapi fitur tambahan seperti laporan keuangan layaknya sebuah perusahaan, kondisi keuangan mencakup penerimaan,pengeluaran,hutang,dan modal, tool currency, dan hitung zakat juga termasuk didalamnya.

Bagusnya ada versi trialnya yang bisa didownload disini