न्यामंन्य ml

Tips ini sengaja saya sajikan mengingat munculnya ketidaknyamanan beberapa rekan saat ML. Saya sendiri pun pernah mengalaminya sendiri. Bahkan di beberapa daerah - termasuk Samarinda -, aktifitas ML sudah mulai menjadi suatu rutinitas.

Sejauh mata memandang pengetahuan saya, yang namanya ML rame-rame di Samarinda sudah biasa terjadi. Bahkan, ada yang beranggapan kalau ML rame-rame itu biasa, sehari tidak ML baru namanya luar biasa. Bagi sebagian, bahkan seluruh kaum adam masyarakat tak bisa dipungkiri dalam kehidupannya tak bisa jauh dari yang namanya gadis sexy, artis bugil urusan setrum-menyetrum.
Kini, beberapa kali saya dengar terjadi razia PSK pemadaman listrik bergilir di beberapa kota seperti Semarang, Jakarta dan beberapa kota lainnya. Hal ini tentu saja tak bisa dihindari mengingat krisis energi yang sedang melanda negeri ini.
Berikut ini beberapa tips dari pengalaman pribadi yang dapat diaplikasikan saat ML :
  1. Info ML
Alangkah bijaknya jika tiap malam Jumat Anda menyediakan jadwal pemadaman listrik untuk daerah Anda. Hal ini berguna untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang berhubungan dengan kegiatan/pekerjaan Anda sehingga aktivitas Anda tetap berjalan. Info jadwal dan lokasi pemadaman listrik dapat Anda dapatkan di website resmi PLN masing-masing daerah. Untuk wilayah Kalimantan Timur dapat dilihat di sini.
  1. UPS (Uninteruptable Power Supply)
Ini khusus bagi Anda yang beraktifitas di depan komputer, sebagai cadangan listrik sementara bila terjadi pemadaman listrik. Bayangkan bila Anda sedang menuangkan ide, imajinasi atau inspirasi Anda dan tiba-tiba..pettt..komputer mati!! Sayang bukan ide menguap begitu saja???
Fungsi dari UPS sendiri adalah memberikan supply listrik ke komputer Anda sementara, sehingga saat mati lampu Anda masih punya waktu untuk menyimpan data pekerjaan Anda dan mematikan komputer sesuai prosedur. Lamanya UPS bekerja tergantung besarnya kapasitas UPS dan output yang digunakan. Untuk satu unit PC monitor tabung dengan UPS 600VA, biasanya dapat bertahan sekitar 5-10 menit. Waktu yang cukup untuk sekedar menyimpan data dan mematikan PC.
Selain untuk mengamankan data-data yang sedang dikerjakan, penggunaan UPS juga dapat mencegah kerusakan PC (hard disk dan unit power supply) karena terputusnya arus listrik secara mendadak.
  1. Emergency Light
Yang ini wajib untuk penerangan di malam hari. Sebaiknya pilih emergency light yang berjenis LED, karena selain hemat konsumsi listrik lampu jenis ini biasanya mempunyai bentuk fisik yang tidak terlalu besar. Biasanya dalam tiap unitnya terdapat 10-20 buah lampu LED yang dapat memberikan cahaya setara dengan emergency light berjenis TL.
Bila memungkinkan, hindari penggunaan penerangan lilin untuk mencegah bahaya kebakaran. Bila terpaksa, pastikan segi keamanannya. Beberapa kasus kebakaran di Samarinda terjadi karena penggunaan penerangan lilin yang kurang hati-hati.
  1. Cabut steker AC dan Kulkas
Hal ini dimaksudkan agat saat aliran listrik kembali bekerja, tidak ada beban puncak yang diakibatkan oleh start-up kerja kompresor AC dan kulkas secara bersama-sama. Di beberapa kasus hal ini dapat mengakibatkan putusnya sakelar pengaman (MCB) karena kelebihan beban.
  1. Gunakan genset
Untuk pengusaha – warnet, ruko atau mini market – pengunaan genset sepertinya tak bisa dihindari. Hal ini untuk menjaga agar aktifitas dapat berjalan seperti biasa saat terjadi pemadaman berjadwal. Sebagai kompensasinya perlu adanya budget tambahan untuk pembelian BBM.
Untuk pelanggan listrik rumahan, dapat juga menggunakan genset yang berukuran mini sekedar untuk penerangan di malam hari. Alternatif lain adalah menggunakan inverter tenaga batere (aki) yang kemudian di-convert­ ke tegangan AC 220V. Untuk yang terkhir ini sepertinya lebih hemat dan tidak polusi suara (bising), hanya saja diperlukan biaya pengadaan barang yang lebih mahal.
  1. Yang Penting, Matikan yang Gak Penting
Dengan pemakaian genset dengan kapasitas yang terbatas, maka alangkah baiknya juga bila penggunaan perangkat elektronik menyesuaikan. AC, kulkas, pompa air, mesin cuci dan segala peralatan elektronik lainnya yang menggunakan tenaga motor memerlukan daya yang tidak sedikit, terutama saat start-up sehingga baiknya dihindari saat menggunakan tenaga genset.